Bolu Kukus Pandan

Posted by jin Kamis, 25 Oktober 2012 0 komentar

Bolu Kukus Pandan


Resep aslinya adalah dari Cake yang lagi booming seantero jagad raya (he2 lebay.com) yaitu Rainbow Steamed Cake yang diposting mba' debby di milis NCC dengan sedikit modifikasi. (Moga gak salah nulisnya). Ini adalah karya saya dalam edisi iseng banget karena kebetulan my hubby pengen maem kue bolu kukus, ya akhirnya saya beranjak dari leyeh2ku yang sudah Pe-We. Kepengennya sih bikin Bolu Zebra Rainbow tapi lha kug stock pasta tinggal pandan doang ya sudah akhirnya jadilah demikian rupanya. Hmhmhm........ nggeletek ya.... Daripada panjang X lebar sama dengan luas ceritaku ini langsung saja ke TKP untuk bahan2nya dan cara pembuatannya ya.........


Bahan-bahan:
4 butir telur
10 gr emulsifier
200 gr gula pasir
140 gr terigu protein sedang
150 ml minyak / mentega yang dilelehkan
½ sdt vanila ekstrak
2 tetes pasta pandan

Cara Pembuatan:
1.  Siapkan loyang tulban diameter 20 cm tinggi 7 cm, olesi dengan mentega tawar kemudian taburi tepung terigu. Siapkan kukusan dengan cukup air, beri kain pada tutupnya agar air tidak jatuh ke atas cake, bila menggunakan klakat ato kukusan yang memiliki tutup berbentuk kerucut, maka kain tidak diperlukan.
2.   Kocok telur, emulsifier, & gula pasir hingga kental dan berjejak.
3.   Ayak terigu ke dalam campuran telur, aduk rata dgn spatula atau kocok dengan mixer berkecepatan rendah.
4.  Masukkan minyak, aduk rata. Pastikan minyak benar-benar tercampur rata karena minyak yang tidak tercampur dengan benar bisa membuat permukaan cake tidak rata / bergelombang ketika sudah matang.
5.  Ambil +/- 2 sendok sayur adonan, pisahkan di mangkok lain untuk diberi pasta pandan. Aduk sampai rata. Disini saya hanya memakai 2 tetes pasta, karena sudah cukup gonjreng menurut saya. Bisa ditambahkan atau dikurangi karena setiap merk pasta memiliki hasil akhir  yang berbeda.
6.  Tuang adonan putih ke dalam loyang sampai habis kemudian tuang adonan hijau di atasnya dan gunakan lidi bersih atau sumpit untuk memberi motif pada cake.
7.  Kukus selama +/- 20 menit. Lakukan tes tusuk. Pastikan tidak ada bagian yang masih lengket pada lidi.

Selamat mencobaaaa...... :D
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Bolu Kukus Pandan
Ditulis oleh jin
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://jintyoungpark.blogspot.com/2012/10/bolu-kukus-pandan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Ojo Lali Like Iki Yo

Modified by Berita Terkini Original by Blogger Indo | Copyright of Hadi Mampir Ngombe. Optimisasi SEO kunjungi Tutorial SEO dan Blog.

Statistik

Flag Counter

free counters

Web Blogger

Translate Page